Pengertian Catch Per-unit of effort (CPUE) dan contohnya

0 komentar Posted by ,

Sebelum ke pembahasannya, ini adalah post pertama dari blog ini, jadi silahkan membaca dan jangan lupa bagikan jika bermanfaat :)

Catch Per-unit of effort (CPUE) adalah merupakan hasil tangkapan per unit alat tangkap pada kondisi biomassa yang maksimum atau merupakan angka yang menggambarkan perbandingan antara hasil tangkapan per unit upaya atau usaha (King, 1995 dalam murniati 2011)

Contoh dari Catch Per-unit of effort (CPUE) :
Hasil penelitian hasil tangkapan tuguk di sungai lempuing, sumatera selatan menunjukkan bahwa hasil tangkapan tuguk berbeda menurut periode waktu. Hasil tangkapan terdiri atas 11 jenis ikan untuk musim peralihan dan kemarau masing-masing berkisar 400-450 kg per unit per hari (rata – rata 411,2+14,1 kg per unit per hari) dan 250-300 kg per unit per hari (rata – rata 263,3+13,4 kg per unit per hari ), serta 13 jenis ikan pada musim penghujan (bulan desember ) berkisar 700-750 kg per unit per hari (rata-rata 724,8+17,7 kg per unit per hari ). Hasil tangkapan didominasi oleh jenis ikan lele (clarias melanoderma) dan baung (mystus nemurus).
Selama penelitian, kandungan oksigen terlarut di perairan relative rendah , berkisar 2- 4 mg per I, namun dapat ditolelir oleh kelompok jenis ikan rawa (black fish).

Terimakasih sudah membaca :) , Sebenarnya ini adalah tugas kampus, jadi saya hanya membagikan agar kedepannya bisa bermanfaat.

Related Post :

0 Comments for "Pengertian Catch Per-unit of effort (CPUE) dan contohnya"